Home » Sertifikasi GHP

Sertifikasi GHP

Dalam era globalisasi perdagangan dunia, baik di pasar internasional maupun pasar domestik persaingan perdagangan hasil pertanian semakin ketat. Hasil pertanian yang dapat diterima pasar, yaitu hasil pertanian yang memenuhi persyaratan mutu dan keamanan pangan. Untuk memenuhi persyaratan tersebut dapat dilakukan dengan penerapan sistem managemen mutu (Quality Management System) melalui cara budidaya tanaman yang baik (GAP), penanganan pasca panen hasil pertanian asal tanaman yang baik (GHP), pengolahan hasil pertanian asal tanaman yang baik (GMP), distribusi hasil pertanian asal tanaman yang baik (GDP) dan retail hasil pertanian asal tanaman yang baik (GRP).

Penanganan pascapanen hasil pertanian asal tanaman yang baik (Good Handling Practices) sangat berperan dalam mengamankan hasil dari sisi kehilangan jumlah maupun mutu sehingga hasil yang diperoleh memenuhi SNI atau persyaratan teknis minimal (PTM). Usaha penanganan pasca panen skala kecil atau skala rumah tangga, pada umumnya belum menerapkan Penanganan Pasca panen Hasil Pertanian Asal Tanaman Yang Baik (Good Handling Practices/GHP). Oleh karena itu perlu diterbitkan “Pedoman Penanganan Pasca panen Hasil Pertanian Asal Tanaman Yang Baik (Good Handling Practices/GHP)”

Pedoman GHP dimaksudkan sebagai panduan bagi pemangku kepentingan dan pelaku usaha dalam penerapan penanganan pasca panen hasil pertanian asal tanaman yang baik. Pedoman GHP bertujuan untuk menekan kehilangan/kerusakan hasil, memperpanjang daya simpan, mempertahankan kesegaran, meningkatkan daya guna, meningkatkan nilai tambah, meningkatkan efisiensi penggunaan sumberdaya dan sarana, meningkatkan daya saing, memberikan keuntungan yang optimum dan/atau mengembangkan usaha pasca panen hasil pertanian asal tanaman yang berkelanjutan.

Ruang Lingkup Pedoman GHP meliputi panen, penanganan pasca panen, standardisasi mutu, lokasi, bangunan, peralatan dan mesin, bahan perlakuan, wadah dan pembungkus, tenaga kerja, Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3), pengelolaan lingkungan, pencatatan, pengawasan dan penelusuran balik, sertifikasi, dan pembinaan dan pengawasan.


Download Formulir: