Home » Rekomendasi Ekspor

Rekomendasi Ekspor

Pangan Segar Asal Tumbuhan, yang selanjutnya disingkat PSAT adalah pangan asal tumbuhan yang belum mengalami pengolahan dan dapat dikonsumsi langsung dan/atau dapat menjadi bahan baku pengolahan PSAT. Keamanan PSAT merupakan kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah PSAT dari kemungkinan cemaran kimia yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia. Adapun persyaratan keamanan PSAT merupakan standar dan ketentuan-ketentuan lain yang harus dipenuhi untuk mencegah PSAT dari kemungkinan adanya bahaya karena cemaran kimia yang dapat mengganggu, merugikan, dan/atau membahayakan kesehatan manusia.

Sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 27/Permentan/Pp.340/5/2009 tentang Pengawasan Keamanan Pangan Terhadap Pemasukan & Pengeluaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), bahwa Setiap orang yang memasukkan ke atau mengeluarkan PSAT dari dalam wilayah negara Republik Indonesia untuk diedarkan bertanggung jawab atas keamanan PSAT sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keamanan PSAT sebagaimana dimaksud merupakan suatu kondisi PSAT yang mengandung cemaran kimia tidak melebihi batas maksimum. Cemaran kimia sebagaimana dimaksud meliputi residu pestisida, cemaran mikotoksin dan/atau logam berat. Pengawasan pengeluaran dilaksanakan terhadap pengeluaran PSAT yang dipersyaratkan oleh negara tujuan.

Peraturan ini dimaksudkan sebagai dasar pelaksanaan pengawasan keamanan PSAT yang dimasukkan ke atau dikeluarkan dari dalam wilayah negara Republik Indonesia. Peraturan ini bertujuan agar PSAT yang dimasukkan ke atau dikeluarkan dari dalam wilayah negara Republik Indonesia tidak mengandung cemaran kimia melebihi batas maksimum sehingga aman dan layak dikonsumsi atau memenuhi persyaratan negara tujuan.

Berdasarkan Pasal 30 Permentan Nomor : 27/Permentan/Pp.340/5/2009 dijelaskan bahwa Pengeluaran PSAT swajib memenuhi ketentuan keamanan PSAT negara tujuan, apabila dipersyaratkan. Pengeluaran PSAT dari dalam wilayah negara Republik Indonesia selain harus melalui tempat-tempat pengeluaran yang telah ditetapkan, juga harus dilengkapi sertifikat atau dokumen yang menerangkan kondisi keamanan PSAT yang sesuai dengan persyaratan negara tujuan dan diterbitkan oleh lembaga sertifikasi terakreditasi atau Otoritas Kompeten Keamanan PSAT, serta dilaporkan kepada petugas karantina tumbuhan.

Petugas Karantina Tumbuhan di tempat pengeluaran melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kebenaran dokumen yang dipersyaratkan oleh negara tujuan. Apabila berdasarkan pemeriksaan sesuai, PSAT dapat dikirim ke negara tujuan. Apabila berdasarkan pemeriksaan tidak sesuai, PSAT tidak diperbolehkan untuk dikirim ke negara tujuan.


Download Formulir: