Home » Registrasi Packing House

Registrasi Packing House

Kecenderungan meningkatnya kebutuhan dan permintaan dari konsumen global terhadap pangan yang aman dan bermutu telah disadari oleh berbagai negara. Oleh karena itu berbagai pelaku usaha berupaya untuk menerapkan secara simultan Good Agricultural Practices (GAP), Good Manufacturing Practices (GMP) dan Good Distributon Practices (GDP) agar produknya terhindar dari berbagai claim negara pengimpor.

Untuk memenuhi kebutuhan keamanan pangan dari hulu hingga hilir tersebut, kegiatan pasca panen merupakan bagian penting dan memerlukan perhatian secara khusus. Hal ini dapat dilihat dengan semakin meningkatnya persyaratan negara pengimpor terhadap pemenuhan kegiatan rumah pengemasan. Produk yang dikeluarkan dari rumah pengemasan teregister, dianggap telah memenuhi aspek minimal yang dipersyaratkan dalam GAP, sehingga keamanan dan mutu produknya dapat dijamin.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah berupaya untuk melakukan pengawasan terhadap rumah pengemasan melalui mekanisme pendaftaran/registrasi, yang secara terjadwal melakukan survei untuk memantau penerapan sistem manajemen mutu dapat berjalan secara konsisten; dengan demikian mutu produk dan keamanannya terjaga. Penilaian rumah pengemasan didasarkan pada standar regional CAC/RCP1-1969 – Rev 4-2003: Recommended International Code Of Practice General Principles Of Food Hygiene.

Tujuan penyusunan pedoman ini untuk memberikan acuan bagi pemangku kepentingan di bidang pertanian untuk menjamin konsistensi mutu produk pertanian dari hulu hingga hilir dalam rangka meningkatkan daya saing.

Ruang lingkup pedoman ini meliputi Syarat dan Tata Cara Pendaftaran, Pelabelan, dan Pengawasan.


Download Formulir: