Home » Pameran » Bulan Mutu Pertanian 2014

Bulan Mutu Pertanian 2014

Bulan Mutu

Wakil Menteri Pertanian RI Rusman Heriawan hari Kamis tanggal 9 Oktober 2014, membuka acara Kemilau Daya Saing Produk Pertanian Memperingati Bulan Mutu Pertanian 2014” di Auditorium Gedung D dengan tema “Pemenuhan Standar Produk Pertanian Memenangkan Pasar Bebas ASEAN”.

Dalam era globalisasi saat ini maka interaksi antar negara baik di sektor ekonomi, sosial dan budaya makin terbuka. Kompetisi perdagangan antar negara semakin ketat. Dengan penduduk 240 juta lebih atau 43% dari jumlah penduduk ASEAN, pasar Indonesia dilihat sangat menggiurkan dan menjanjikan.

Kondisi tersebut menuntut Indonesia untuk lebih mempersiapkan diri menghasilkan produk yang memiliki daya saing dan diterima di pasar domestik, regional maupun internasional. Kebijakan penerapanGood Agricultural Practices (GAP), Good Manufacturing Practices (GMP) dan Good Handling Practices (GHP) merupakan syarat utama untuk menghasilkan produk pertanian yang bermutu serta memiliki daya saing.

Bulan November telah ditetapkan sebagai Bulan Mutu dan Produktivitas Nasional, sebagai hasil Konvensi Nasional Standardisasi dan Penerapan Pengendalian Mutu. Bulan Mutu Pertanian merupakan acara tahunan Kementerian Pertanian dan dirayakan oleh para pemangku Pertanian secara luas.

Kegiatan rutin ini mendorong interaksi pasar antara produsen dan konsumen, mendorong upaya perbaikan mutu keamanan pangan untuk peningkatan daya saing produk pertanian. Kesempatan ini sekaligus sebagai ajang bagi Pemerintah dalam memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pelaku usaha serta pihak-pihak terkait yang sudah berkomitmen dan konsisten menghasilkan produk pertanian yang aman dan bermutu.

Pembukaan acara bulan mutu, diawali dengan sambutan Kapala Badan Standardisasi Nasional Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, Msc. Yang berjudul “Peran standar dalam peningkatan daya saing produk pertanian”.

Selanjutnya wakil Menteri dalam sambutannya menyampaikan bahwa lima tahun yang lalu pembangunan pertanian masih fokus kepada pemenuhan kuantitas, volume produksi. Akan tetapi saat ini kita mulai beralih ke kualitas atau mutu karena memang hal tersebut dituntut pasar sebagai hal memperkuay daya saing. Adanya anggapan kalau kita fokus kepada kualitas akan menurunkan produktivitas, terbukti tidak benar, karena kualitas bisa sejalan dengan kuantitas.

Dalam acara pembukaan Bulan Pertanian diserahkan secara formal Sertifikat Sistem Jaminan Mutu Dan Kemanan Pangan (sertifikasi Prima 3, Prima 2, Sertifikasi Sistem Pertanian Organik) dari Lembaga sertifikasi sistem organik dan atau Otoritas Kompeten Keamanan Pangan kepada petani/pelaku usaha.

Pada bulan mutu pertanian ini diberikan sertifikat/registrasi kepada pelaku usaha dan lembaga penilai kesesuaian (Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah/OKKP-D). Menteri Pertanian memberikan penghargaan kepada provinsi yang telah berprestasi dalam “pengembangan mutu dan keamanan pangan produk pertanian” antara lain kepada Gubernur Sumatera Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. PPHP Award tahun 2014 diberikan kepada 16 katagori, kepada mereka diberikan trophy “Anugerah Produk Pertanian Berdaya Saing”.

Setelah secara resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan pameran produk pertanian bermutu selama dua hari. Selama pameran berlangsung, ada selingan demo pengolahan produk bermutu. Kemeriahan bulan mutu akan berlangsung selama dua hari dengan berbagai even menarik tentang produk aman dan bermutu untuk menghadapi pasar terbuka ASEAN. Berbagai kalangan diharapkan dapat datang ikut memeriahkan Bulan Mutu Pertanian 2014.

You must be logged in to post a comment.